Digital marketing telah menjadi sebuah bidang pemasaran yang sedang naik daun. Selain lebih hemat, strategi digital marketing juga menawarkan kemudahan dalam menjangkau pangsa pasar yang lebih luas untuk mempromosikan produk atau jasa.

Promosi melalui internet (digital marketing) bukan lagi hal aneh di era digital seperti saat ini. Apalagi saat ini hampir semua orang memiliki media sosial. Tidak hanya bertujuan menjangkau pasar potensial yang lebih luas, pemasaran digital juga dinilai dapat meningkatkan awareness produk. 

Sebelum Anda mulai melakukan pemasaran digital, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu seluk beluk bidag ini. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang pemasaran digital.

Apa Itu Digital Marketing?

Pada dasarnya, strategi pemasaran digital atau strategi digital marketing adalah kegiatan pemasaran produk berupa barang atau jasa menggunakan media atau teknologi berbasis digital. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan media digital diharapkan mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. 

Secara isi atau konten, pemasaran digital tidak berbeda jauh dengan marketing konvensional. Bedanya, ada kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan calon konsumen ketika kamu memasarkan produk melalui internet. Jadi selain meningkatkan angka penjualan, produk beserta keunggulannya bisa lebih dikenal.

Apa Saja Keunggulan Digital Marketing?

Bicara keunggulan, strategi pemasaran digital atau strategi digital marketing tentu memiliki beberapa kelebihan dibanding strategi pemasaran konvensional, di antaranya: 

1. Menjangkau target pasar yang lebih luas

Media konvensional seperti brosur, banner, atau koran dan majalah mungkin efektif untuk menjangkau sejumlah target pasar. Tapi jika ingin menjangkau seluruh lapisan masyarakat, media digital terbukti lebih efektif. Bagaimana tidak, seiring perkembangan zaman hampir semua orang menjadi pengguna internet dan media sosial.

Hal tersebut membuat produk bisa dikenal banyak orang dari berbagai latar belakang baik dari dalam maupun luar negeri Jadi bisa dibayangkan bukan betapa besar potensi pasar yang didapat ketika kamu memutuskan menggunakan strategi digital marketing untuk memasarkan produk?

2. Mendongkrak angka penjualan

Diakui atau tidak, luasnya jangkauan pasar akan memberi dampak besar pada peningkatan angka penjualan. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kemudahan informasi yang didapat konsumen tentang suatu produk. Hal tersebut membuat mereka yakin bahwa barang atau jasa yang dijual berkualitas. Akibatnya, angka penjualan semakin meningkat dan kesempatan untuk mendapat pelanggan baru pun semakin besar.

3. Lebih hemat

Bagi yang memiliki keterbatasan dana, pemasaran digital merupakan salah satu solusi bijaksana. Lain halnya dengan media konvensional, ketika memasarkan produk di internet kita memiliki banyak variasi alat yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan bujet.

Misalnya, kita memilih untuk berpromosi melalui Instagram Ads. Pihak Instagram akan memberi pilihan biaya promosi mulai harian hingga bulanan, dengan jumlah jangkauan konsumen sesuai kebutuhan. Jika ingin lebih murah lagi, manfaatkan website dan media sosial pribadi untuk berpromosi.

Meskipun hasilnya mungkin tidak sebesar dengan digital marketing berbayar, tapi kesempatan untuk dikenal banyak orang jelas lebih menjanjikan dibandingkan promosi konvensional.

Apa Saja Jenis Jenis Digital Marketing?

Setelah memahami apa itu digital marketing dan keunggulannya, selanjutnya mari kita bahas jenis-jenis pemasaran digital.

1. Berdasarkan Strategi

Dilihat dari strategi, pemasaran digital dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Push Digital Marketing 

Push digital marketing adalah salah satu jenis yang metodenya menawarkan langsung produk ke pelanggan untuk mendapat hasil penjualan secara cepat. Biasanya strategi ini dilakukan pada produk baru yang belum terlalu dikenal, dan tujuan utamanya adalah untuk exposure.

Beberapa contoh push digital marketing adalah endorsement produk dari pemilik usaha ke para influencer atau selebriti, email promosi dari sebuah produk kepada para pelanggan yang telah berlangganan newsletter di sebuah situs, atau broadcast WA untuk semua kontak yang pernah membeli suatu produk.

2. Pull Digital Marketing

Berbanding terbalik dengan strategi sebelumnya, pada pull digital marketing promosi yang dilakukan tidak terlalu frontal. Iklan jenis ini biasanya dibuat sedemikian rupa sehingga pelanggan tertarik dan bergerak untuk mencari tahu lebih banyak informasi tentang produk yang dijual.

Tujuan utama pull digital marketing adalah meningkatkan awareness serta loyalitas pelanggan. Contoh jenis pemasaran digital ini adalah konten SEO di sebuah situs, iklan pay per click, pemasaran di media sosial, liputan media, giveaway, atau promosi potongan harga di marketplace.

2. Berdasarkan Media Pemasaran

Sedangkan berdasarkan media yang digunakan, digital marketing dibagi menjadi 5, yaitu:

1. Website

Memiliki website resmi seperti sudah menjadi kewajiban bagi para pemilik usaha yang memutuskan untuk beroperasi secara online. Selain menjadi “kantor atau toko” digital, website juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai media promosi. Tidak hanya lebih murah, promosi melalui website juga akan membuat pelanggan bisa lebih mengenal produk yang dijual.

2. Pay Per Click

Salah satu jenis digital marketing ini juga memanfaatkan website untuk media promosi. Bedanya, promosi dilakukan di website lain dengan jumlah pengunjung besar dan populer. Bentuk iklan untuk promosi jenis ini biasanya berupa banner yang ketika diklik, pengunjung akan diarahkan pada website resmi atau marketplace tempat produk dijual.

Inilah mengapa strateginya disebut pay per click (PPC). Pemilik iklan akan membayar biaya promosi sesuai jumlah klik yang dilakukan pengunjung. Iklan jenis ini juga bisa dijadikan indikator apakah konten yang kita buat cukup efektif sehingga pengunjung tertarik untuk mengklik.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Hampir mirip dengan strategi search engine optimization (SEO), search engine marketing atau SEM memanfaatkan mesin pencari untuk fokus pada iklan langsung di mesin pencarian. Untuk bisa membuat iklan digital semacam ini, kita membutuhkan produk seperti Google Ads. Seperti PPC, konten promosi untuk SEM sudah seharusnya dibuat semenarik mungkin. Karena jika tidak, biaya yang dikeluarkan tentu akan sia-sia.

4. Social Media Marketing (SMM)

Apabila SEM memanfaatkan mesin pencari, SMM memanfaatkan media sosial. Untuk iklan semacam ini, kamu membutuhkan alat seperti Facebook atau Instagram Ads. Dibanding SEM, peluang produk untuk dikenal lebih besar sebab saat ini hampir semua orang memiliki media sosial.

5. Email Marketing

Promosi ini berupa pesan dalam bentuk gambar atau tulisan dan dikirimkan kepada semua pelanggan yang telah men-subscribe newsletter di website atau platform milik pemilik usaha lainnya. Berbeda dengan jenis promosi lainnya, tidak semua orang bisa melihat iklan yang kita bagikan. Strategi ini biasanya dilakukan untuk memicu pembelian kembali dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Apa Tujuan Digital Marketing?

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain meningkatkan angka penjualan, awareness produk, dan memperluas pasar, digital marketing juga memiliki beberapa tujuan lain termasuk diantaranya, meningkatkan kualitas relasi serta komunikasi pemilik usaha dengan konsumen atau calon konsumen.

Diakui atau tidak, hal tersebut juga sangat penting karena yang diinginkan dalam suatu penjualan tidak hanya produk laku sesaat tetapi bisa senantiasa memiliki pelanggan dan memicu penjualan jangka panjang. Paling penting, digital marketing adalah upaya yang dilakukan pemilik usaha untuk bisa survive di era globalisasi.

Menarik bukan pembahasan tentang digital marketing di atas? Selain yang telah diulas sebelumnya ada banyak lagi strategi pemasaran digital yang tidak kalah menarik. Jika ingin mempelajarinya, kamu bisa mengikuti kursus online di GreatNusa yang dipandu oleh para ahli dan profesional. Metode praktis, GreatNusa memberikan kursus yang bisa diakses dari mana saja dan bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan pendidikan tambahan meskipun telah menyelesaikan pendidikan atau sudah bekerja. 

Digital marketing adalah salah satu model pemasaran yang efektif dan efisien di tengah perubahan teknologi yang cepat dan semakin masif. Model pemasaran ini telah menjelma menjadi mesin penggerak utama dalam strategi bisnis yang efektif, efisien dan kreatif. 

Memahami digital marketing dapat membuka pintu menuju karir yang menjanjikan di berbagai bidang. kamu dapat menjadi seorang spesialis SEO, manajer media sosial, copywriter, analis data, atau bahkan seorang digital marketing strategist. Semua ini merupakan peran penting dalam mengembangkan dan mengelola kampanye digital yang sukses. Oleh karena itu, kita harus dapat memahami bagaimana digital marketing bekerja dan dapat menjadi salah satu kunci untuk memajukan bisnis di era ini. Selengkapnya akan kita bahas melalui artikel berikut! 

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan konsep yang menggabungkan berbagai strategi pemasaran menggunakan media digital untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada target audiens.  Bentuk pemasaran dengan digital marketing tidak sekadar mengampanyekan iklan secara online atau penyebaran pesan kepada pelanggan potensial. digital marketing adalah bentuk pemasaran yang mendalam dengan memanfaatkan kekuatan dunia digital untuk mencapai tujuan bisnis.

Dalam digital marketing, pemasar menggunakan berbagai strategi dan alat untuk memahami perilaku online konsumen, berinteraksi dengan mereka, dan membangun kehadiran merek yang kuat di dunia maya. Salah satu aspek utama digital marketing adalah penggunaan internet sebagai alat utama. Hal ini melibatkan penggunaan website, media sosial, e-commerce, email, dan berbagai platform online lainnya.

Manfaat Digital Marketing

Digital marketing menawarkan sejumlah manfaat yang signifikan bagi perusahaan dan bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari digital marketing:

1. Mengakses Audiens yang Lebih Luas 

Saat ini, melalui digital marketing memungkinkan perusahaan untuk mencapai audiens yang lebih luas secara global. Dengan menggunakan berbagai platform online, perusahaan dapat menjangkau pelanggan potensial di berbagai lokasi geografis.

2. Pengukuran dan Analisis yang Akurat

Salah satu keunggulan besar digital marketing adalah kemampuan untuk mengukur dan menganalisis kinerja kampanye dengan sangat akurat. Ini memungkinkan perusahaan untuk melihat secara langsung hasil dari upaya pemasaran dan menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan.

3. Efisiensi Biaya

Dibandingkan dengan iklan tradisional seperti iklan cetak atau televisi, digital marketing seringkali lebih efisien dalam hal biaya. Perusahaan dapat mengatur anggaran iklan sesuai dengan kebutuhan dan menghindari pemborosan.

4. Personalisasi Konten

Digital marketing memungkinkan perusahaan untuk menciptakan konten yang lebih personal dan relevan untuk pelanggan. Dengan memahami preferensi pelanggan dan data perilaku, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang lebih menarik dan relevan.

5. Interaksi Langsung dengan Pelanggan

Melalui media sosial dan alat komunikasi digital lainnya, perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Ini menciptakan peluang untuk mendengar umpan balik, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

6. Kemampuan Targeting yang Lebih Tepat

Digital marketing memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan pesan mereka kepada audiens yang sangat spesifik. Ini berarti perusahaan dapat menghindari pemborosan dengan hanya memasarkan kepada orang-orang yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan mereka.

7. Skalabilitas

Digital marketing dapat disesuaikan dengan ukuran bisnis apa pun. Baik itu perusahaan kecil atau besar, digital marketing dapat digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

Kelebihan Digital Marketing

Digital Marketing sangat berpengaruh dalam era bisnis modern. Dalam rangka memanfaatkan sepenuhnya kelebihan digital marketing ini, perusahaan perlu mengembangkan strategi yang sesuai dan terus memonitor dan mengukur kinerja Dengan demikian, digital marketing dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mencapai tujuan bisnis dan meraih kesuksesan dalam era digital yang terus berubah. Beberapa kelebihan digital marketing antara lain:

1. Kemampuan Beradaptasi

Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuan beradaptasi yang luar biasa, memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat menyesuaikan strategi mereka dengan perubahan tren dan dinamika pasar yang terus berubah. 

2. Terukur dan Tepat Sasaran 

Selain itu, digital marketing juga menawarkan keterukuran yang mendalam, memberikan kemampuan untuk mengukur setiap aspek kinerja kampanye dengan detail, sehingga perusahaan dapat secara efektif mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki.

3. Fleksibilitas 

Kelebihan lainnya adalah fleksibilitas yang luar biasa dari digital marketing. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan menyesuaikan anggaran pemasaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan prioritas bisnis saat ini. Dengan demikian, digital marketing dapat menjadi solusi yang efisien untuk perusahaan dengan anggaran yang bervariasi.

4. Cakupan Global

Selain itu, digital marketing memiliki cakupan global yang luas, memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens di seluruh dunia tanpa batasan geografis. Ini memungkinkan perusahaan untuk meraih peluang pasar baru dan memperluas jangkauan bisnis mereka secara signifikan.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Terdapat berbagai jenis digital marketing yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.Dengan memahami berbagai jenis digital marketing ini, perusahaan dapat merancang strategi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan mereka untuk mencapai kesuksesan dalam dunia pemasaran digital yang kompetitif. Beberapa jenis utama digital marketing meliputi:

1. Search Engine Optimization (SEO):

Optimasi SEO adalah praktik yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs web perusahaan di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Strategi ini merupakan pondasi awal dari sebuah pemasaran digital. Optimasi SEO dilakukan dengan mengoptimalkan konten dan struktur situs web agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi terkait.

2. Social Media Marketing:

Social Media Marketing adalah strategi yang memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk berinteraksi dengan pelanggan, membangun merek, dan mempromosikan produk atau layanan. Ini mencakup pembuatan dan penjadwalan posting, iklan berbayar, dan berbagai cara lain untuk berkomunikasi dengan audiens secara online.

3. Email Marketing:

Email Marketing merupakan strategi pengiriman email kepada pelanggan atau prospek untuk memberitahu mereka tentang penawaran, promosi, berita terbaru, atau konten yang relevan. Ini dapat membantu dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru.

4. Content Marketing

Selain itu terdapat content marketing yang merupakan strategi dalam perancangan, pembuatan, dan distribusi konten yang bermanfaat dan relevan seperti artikel, blog, video, infografis, dan lainnya. Tujuannya adalah menarik audiens, membangun otoritas dalam industri, dan mempertahankan pengikut setia.

5. Pay-Per-Click (PPC) Advertising:

PPC Advertising adalah model iklan di mana perusahaan membayar ketika iklan mereka diklik oleh pengguna. Iklan ini muncul ketika kata kunci tertentu dicari, dan ini adalah cara yang efektif untuk mendapatkan lalu lintas berkualitas ke situs web perusahaan.

Prospek Karir Digital Marketing

Bidang digital marketing menawarkan berbagai pilihan karir yang beragam. Berikut adalah beberapa karir di bidang digital marketing beserta penjelasan singkat tentang masing-masing:

1. Digital Marketer

Profesi digital marketer adalah seorang spesialis yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran digital. Mereka dapat fokus pada berbagai aspek seperti periklanan online, pemasaran melalui media sosial, SEO, dan analisis data.

2. Social Media Specialist

Selanjutnya terdapat Social Media Specialist. Tugas profesi ini adalah mengelola dan mempromosikan merek atau perusahaan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Mereka bertanggung jawab untuk membuat konten yang menarik, berinteraksi dengan pengikut, dan mengukur kinerja kampanye.

3. Content Writer/Content Creator

Jika kamu memiliki kemampuan kreativitas yang tinggi, maka profesi content dapat menjadi pilihan. Content writer/ content creator adalah individu yang membuat konten yang relevan dan menarik untuk digunakan dalam pemasaran digital. Ini bisa mencakup artikel, blog, video, infografis, dan banyak lagi.

4. SEO Specialist

Jabatan SEO Specialist berfokus pada peningkatan peringkat SEO (Search Engine Optimization) dan visibilitas situs web di hasil mesin pencari. Tugas utama dari profesi ini adalah melakukan optimasi halaman website, melakukan penelitian kata kunci, dan memantau perubahan algoritma.

5. Affiliate Marketer (Freelance)

Affiliate Marketer bekerja dengan mitra untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Seringkali orang yang berprofesi sebagai affiliate marketers dijalankan dengan cara freelance dan tidak terikat waktu di perusahaan. Affiliate marketer mendapatkan komisi berdasarkan penjualan atau tindakan yang dihasilkan melalui upaya pemasaran mereka.

Selain itu, kemampuan digital marketing yang diperoleh juga memungkinkan orang yang mendalami bidang ini untuk menjalankan bisnis online. Tentunya ini membuka peluang untuk meraih kesuksesan dan kemandirian dalam dunia bisnis digital yang terus berkembang.

Estimasi Pendapatan di Bidang Digital Marketing

Bidang digital marketing menawarkan prospek karir yang cerah. Prospek karir dalam bidang digital marketing saat ini sangat menjanjikan. Mereka dapat memilih untuk berkarir di bidang digital marketing seperti manajer media sosial yang mengelola di platform media sosial, atau bahkan sebagai analis data yang menganalisis hasil kampanye digital.  

Mengenai pendapatan, bayaran untuk profesional digital marketing di Indonesia bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk pengalaman, pendidikan, dan lokasi pekerjaan. Berikut adalah perkiraan kisaran gaji untuk berbagai tingkatan dalam pemasaran digital di Indonesia:

  • Digital Marketer Entry Level: Rp4.000.000 – Rp6.000.000 per bulan
  • Digital Marketer Menengah: Rp6.000.000 – Rp10.000.000 per bulan
  • Digital Marketer Senior: Rp10.000.000 – Rp20.000.000 per bulan
  • Digital Marketing Manager: Rp15.000.000 – Rp30.000.000 per bulan

Namun, perlu diingat bahwa angka-angka ini hanya merupakan estimasi dan gaji sebenarnya dapat berbeda-beda tergantung pada perusahaan, industri, dan lokasi kerja.

Kesimpulan

Digital marketing adalah landasan strategis yang penting dalam dunia bisnis saat ini. Memahami konsep ini, manfaatnya, dan berbagai jenisnya akan membantumu merencanakan kampanye yang efektif dan membuka peluang karir yang menarik di dunia digital marketing. 

Program Digital Business Management (LSPR) memiliki mata kuliah Digital Marketing yang akan membantumu mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang topik ini dan siap untuk menghadapi tantangan di dunia pemasaran digital.

Jika kamu Ingin memanfaatkan peluang karir dalam dunia digital marketing, Yuk bergabung dengan program Digital Business Management  London School of Public Relations (LSPR) Institute of Communication & Business sekarang! Di kampus ini kamu akan mendalami mata kuliah Digital Marketing untuk menjadi seorang ahli dalam bidang ini dan membuka pintu menuju kesuksesan dalam karir digital marketing.

Jika dulu seorang brand atau perusahaan memasarkan produknya dengan cara-cara offline, maka saat ini semuanya bisa dilakukan secara online. Makanya, tidak heran jika banyak orang yang mulai mencari tahu cara belajar digital marketing.

Digital marketing sendiri adalah usaha untuk mempromosikan sebuah brand, produk, jasa, atau perusahaan melalui media digital. Kenapa digital marketing digandrungi?

Selain karena tidak membutuhkan tim marketing untuk terjun langsung ke lapangan, cara ini jauh lebih hemat biaya dan tidak butuh banyak orang untuk menjalankannya. Belum lagi kemampuan digital untuk menjangkau banyak orang di berbagai tempat di seluruh dunia.

Ingat, makin ke sini jumlah pengguna smartphone dan laptop semakin meningkat. Semua orang saat ini seolah terhubung antara satu dengan yang lain berkat kehadiran teknologi dan internet.

12 Cara Belajar Digital Marketing

Nah, apakah kamu adalah salah seorang yang sedang mencari tahu mengenai digital marketing? Jika iya, yuk, pahami cara belajar online digital marketing berikut ini!

1. Punya produk dan target market

Langkah awal sebagai cara belajar digital marketing adalah dengan mempunyai produk serta target market. Kamu bisa membuat produk dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan jadikan kelompok masyarakat tersebut target market dari produkmu.

Sebaliknya, kamu juga bisa menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi konsumenmu, lalu bikin produk sebagai solusi dari masalah yang mereka hadapi.

2. Pilih produk yang memberi solusi terbaik

Satu hal yang sering disalahpahami ketika membuat sebuah produk, yakni solusi yang diberikan bukan solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi. Akhirnya, konsumen atau target pasar akan meninggalkan produk kita dan mencari yang lebih baik. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi ‘kan?

3. Bikin website pribadi

Cara belajar digital marketing berikutnya, yakni bikin website pribadi dari usaha yang kamu jalankan. Ingat, website ini dibangun setelah kamu punya produk dan menentukan target pasar yang tepat. Di luar sana memang tersedia berbagai marketplace, tapi akan lebih baik jika kamu punya website sendiri sebagai bukti kredibilitas dan profesionalitas bisnis yang dijalankan.

4. Bangun media sosial

Setelah website jadi, kamu bisa melangkah ke media sosial. Tujuannya tidak lain untuk membangun brand awareness dan sarana promosi. Caranya, pilih media sosial yang tepat dengan target pasarmu.

Sebagai contoh, untuk target pasar usia remaja, pilih Instagram atau YouTube. Untuk kalangan profesional, pilih LinkedIn. Sementara untuk target audiens yang tinggal di kota-kota kecil, Facebook bisa jadi pilihan yang efektif.

5. Kembangkan SEO, SEM, juga Social Media Ads

Terakhir, cara belajar digital marketing adalah dengan kursus online digital marketing dan mengembangkan kemampuan di bidang SEO, SEM, dan Social Media Ads.

1. Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi website agar produk yang kita tawarkan muncul di mesin pencari saat orang-orang mencarinya.

2. Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik mengoptimasi website agar muncul di mesin pencari dengan menggunakan iklan.

3. Social Media Ads adalah istilah untuk memanfaatkan iklan di Facebook, Twitter, atau Instagram.

 

6. Marketing Lewat Influencer yang Sesuai Dengan Brand

Berikutnya, cara belajar digital marketing yang bisa kamu coba adalah influencer marketing. Menurut Sprout Socialinfluencer adalah salah satu bentuk social media marketing yang menggunakan endorsement yang dilakukan oleh seorang atau beberapa influencer.

Biasanya, para influencer memiliki branding tersendiri sehingga para followers-nya sudah meletakkan kepercayaan kepada mereka, misalnya saja olahraga, kecantikan, atau bahkan elektronik. 

Sehingga, jika ada sebuah produk yang direkomendasikan oleh influencer, kemungkinan banyak dari followers-nya akan membeli produk yang dipromosikan dan sebagian sudah sadar akan adanya brand tersebut.

7. Copywriting yang Menarik

Copywriting juga merupakan salah satu cara belajar digital marketing yang bisa membantumu mengembangkan bisnis. Copywriting sendiri merupakan teknik pembuatan tulisan yang persuasif dan menarik supaya orang membeli produk yang ditawarkan. Contoh penerapan copywriting terdapat dalam caption singkat yang terdapat di media sosial Instagram.

8. Newsletter atau Email Marketing 

Email marketing adalah teknologi memanfaatkan layanan email untuk kegiatan promosi kepada konsumen. Cara belajar digital marketing ini terbukti lebih ampuh karena email yang masuk sudah sesuai dengan selera produk barang atau jasa yang dijual. Selain itu, re-targeting konsumen bisa lebih mudah dilakukan dengan adanya database email pelanggan.

9. WhatsApp for Business 

WhatsApp punya basis pengguna yang besar di Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai salah satu cara belajar digital marketing yang efektif. Gunakanlah Whatsapp for Business untuk akun bisnismu.

Pasalnya, aplikasi khusus tersebut punya banyak fitur untuk menampilkan profil bisnis, katalog produk, hingga fitur statistik pesan. WhatsApp for Business juga dapat membantu kamu membalas pesan calon pembeli melalui fitur automated messaging.

10. Marketing Tools untuk Menggali Data

Di era digital businessdata driven marketing merupakan salah satu pendukung kesuksesan digital marketing strategist yang banyak diterapkan perusahaan. Melalui pemasaran yang berbasis data, metode ini terbukti dapat memaksimalkan Return of Investment (ROI). Secara lebih spesifik, data driven marketing bisa membantu mengurangi pemborosan, meningkatkan alokasi sumber daya, dan memaksimalkan upaya pemasaran.

Ada beberapa metode yang digunakan dalam data driven marketing, seperti people based marketingartificial intelligence, analisis prediktif, dan sebagainya. Selain itu, ada tools wajib yang bisa digunakan oleh marketers sebagai pendukung data driven misalnya saja Google Analytics atau Hootsuite.

11. Video Marketing

Kalau penasaran strategi digital marketing apa yang paling mudah dinikmati bahkan oleh audiens paling sibuk di dunia, mungkin video marketing lah jawabannya.

Video marketing memanfaatkan video sebagai media utamanya. Jadi, orang-orang hanya perlu menonton tanpa harus banyak berpikir ataupun mengambil kacamata demi membaca teks sepanjang artikel. Platform yang bisa kamu pakai sebagai cara belajar digital marketing ini pun cukup luas, mulai dari YouTube, Instagram, hingga memasang video pada website.

12. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat guna menarik perhatian target konsumen sekaligus membuatnya terlibat dan menjadi pelanggan suatu bisnis. Diperlukan banyak sekali konten berkualitas agar strategi tersebut memberikan dampak positif pada bisnis kamu. 

Jadi, pastikan kamu tetap konsisten dalam membuat konten yang berharga untuk target konsumen dan pelanggan. Dalam konten marketing, kamu juga perlu memperhatikan unsur konversi.

Itu dia informasi seputar cara belajar digital marketing. Yang pasti, dunia digital akan terus berubah seiring perkembangan zaman. Makanya, kamu perlu paham pondasinya untuk jadi ahli.

Adapun langkah yang bisa ditempuh adalah dengan mengambil Pembelajaran Mandiri di pijarmahir.id mengenai Belajar Teknik Digital Marketing Untuk Menjadi Spesialis Pemasaran. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengunjungi pijarmahir.id. Di PijarMahir, terdapat kelas-kelas terkait digital marketing yang bisa kamu coba.

Pada kelas-kelas tersebut, kamu akan diajarkan pemahaman terkait cara belajar digital marketing dasar hingga studi kasus yang akan dihadapi kedepannya dan bagaimana cara bekerja sebagai digital marketer. Setelah itu, kamu pun bisa memulai karir di berbagai industri yang membutuhkan pengetahuan terkait digital marketing.

Menarik ‘kan? Selamat mencoba!

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi website agar produk yang kita tawarkan muncul di mesin pencari saat orang-orang mencarinya.

Ilmu online marketing sebenarnya dapat Anda kuasai dengan sangat mudah asalkan proses belajar Digital Marketing yang diterapkan itu tepat dan juga komprehensif.

Akan tetapi, banyak di luar sana yang masih bingung, “Seperti apa sih cara belajar yang efektif bagi diri saya sendiri maupun tim marketing dalam bisnis saya?”

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Sasana Digital akan membantu Anda melalui artikel tentang bagaimana step-by-step cara belajar Digital Marketing yang baik. Check it out!

Mengapa Marketer Harus Mempelajari Digital Marketing?

Apakah Anda menyadari, hampir seluruh orang di belahan bumi manapun saat ini selalu dihadapkan dengan yang namanya “Digital,” mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi di malam harinya.

Sejalan dengan hal itu, ilmu pemasaran atau marketing yang awalnya bersifat tradisional (Marketing 1.0–3.0) kini bergerak menjadi makin modern (Marketing 4.0–5.0) dengan bantuan teknologi digital.

Perkembangan Dunia Marketing 1.0 sampai Marketing 5.0

Sebagai seorang business owner ataupun professional marketer, tentunya Anda tidak ingin sampai ketinggalan zaman, bukan? Di mana Anda masih mengandalkan strategi marketing jadul, padahal sekarang zaman sudah semakin maju.

Nah, selain takut akan ketinggalan zaman dikarenakan tidak lagi relevan, hal lain yang menjadikan Anda harus mempelajari digital marketing adalah karena pola serta perilaku pelanggan yang kini telah berubah secara signifikan.

Perjalanan pelanggan dalam berbelanja (Customer Journey) yang dahulunya cukup datang ke toko fisik, sekarang berubah menjadi tidak menentu dikarenakan banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi.

Dua hal tersebut setidaknya mampu mewakili berbagai macam alasan mengapa professional marketer zaman sekarang, termasuk juga Anda perlu belajar serta mendalami industri melalui bootcamp digital marketing.

Apa Saja Kelebihan serta Keuntungan Belajar Digital Marketing?

Setidaknya, ada 6 keuntungan bagi Anda yang ingin mulai belajar digital marketing:

• Dapat Dikuasai oleh Siapa Saja

Alasan yang pertama ini bisa dibilang sungguh sangat masuk akal, mengapa demikian?

Digital marketing tentu dapat dikuasai oleh siapapun, dikarenakan dalam praktiknya sendiri ilmu ini tidak membutuhkan latar belakang apapun.

Apabila Anda adalah orang yang sering berinteraksi dengan media sosial, bisa jadi Anda dapat menguasai skill Social Media marketing, tentu apabila Anda ingin memfokuskannya. 

Contoh lainnya, apabila Anda ingin menjadi seorang SEO Specialist, Anda dapat memulai dengan menguasai algoritma mesin pencari beserta best practice-nya, lalu coba untuk menulis artikel di website.

Kuncinya adalah keseriusan, kecakapan, serta sikap disiplin Anda dalam proses mempelajarinya.

• Lebih Mudah, Efektif, dan Efisien untuk Dijalankan

Kemudahan, efektivitas, serta efiensi menjadi pendorong utama mengapa banyak bisnis saat ini begitu melirik digital marketing sebagai salah satu strategi utama dalam upaya pemasaran bisnis.

Kemudahan yang dihadirkan oleh digital marketing dapat dirasakan dari bagaimana strategi tersebut dieksekusi hanya dalam beberapa langkah.

Efektivitas digital marketing dapat dilihat dari seberapa besar peluang keberhasilan strategi marketing, misalnya karena adanya data dalam setiap keputusan (Data-driven Marketing).

Serta, efisiensinya dapat diukur dari berbagai aspek yang berkaitan, seperti anggaran (Budget), waktu, sumber daya, dan sebagainya.

• Menjadi Pondasi Dasar dalam Berbisnis Digital

Bagi bisnis yang ingin berekspansi di dunia digital, tentu menguasai digital marketing merupakan pondasi dasar untuk mewujudkan hal tersebut.

Hal sederhana seperti membuat akun media sosial, mengoptimasi toko di marketplace, membangun sebuah website, dan lain-lain sebagainya dapat menjadi langkah awal bagi bisnis untuk berkembang.

• Dapat Menyasar Audiens yang Spesifik

Kelebihan lain dari belajar digital marketing adalah nantinya Anda sebagai digital marketer dapat memilih dan menargetkan audiens dengan lebih spesifik.

Anda dapat menargetkan seperti apa demografi, psikografis, perilaku (Behaviour), lokasi geografi, dan lain-lain sebagainya dari audiens yang akan ditarget.

• Kemudahan Akses yang Telah Mobile-friendly

Kelebihan ini berkaitan dengan kebiasaan orang-orang di zaman sekarang, yaitu tidak jauh dari perangkat digital khususnya smartphone.

Pola perilaku mereka yang telah menjadi kebiasaan ini dapat menjadi peluang emas bagi para digital marketer dalam memaksimalkan upaya pemasarannya.

• Meningkatkan Pendapatan Bisnis secara Signifikan

Yang terakhir, tentunya dengan digital marketing bisnis akan mampu meraup revenue bahkan profit yang sebesar-besarnya.

Hal ini kembali lagi pada strategi yang diterapkan oleh bisnis Anda, serta kecakapan tim digital marketing dalam mengeksekusi strategi tersebut.

12 Langkah Awal Memulai Belajar Digital Marketing

Sebagai seorang digital marketer, nantinya Anda akan dituntut untuk melakukan beberapa hal sebagai langkah awal memulai digital marketing. Maka dalam tahap belajar seorang pemula, dasar-dasar digital marketing menjadi sangat penting. Adapun langkah demi langkahnya adalah:

1. Optimalkan Peran Media Sosial dengan Strategi Social Media Marketing

Hal pertama yang dapat dengan mudah Anda lakukan yaitu mengoptimalkan peran media sosial yang dimiliki baik untuk tujuan bisnis maupun personal.

Selain mudah dan juga gratis, dengan strategi Social Media Marketing Anda dapat melakukan melakukan A/B testing untuk menemukan pola seperti apa konten yang diminati oleh audiens yang ingin Anda targetkan.

Media sosial sendiri sangat cocok digunakan untuk menunjukkan eksistensi sebuah bisnis, bahkan cukup kuat untuk dijadikan salah satu upaya kegiatan branding.

2. Bangun Sebuah Website

Hal lain yang cukup efektif dalam membantu proses belajar Anda adalah langsung membangun sebuah website, entah itu website company profile, website e-commerce, ataupun sekadar website blog.

Ini merupakan langkah awal yang cukup baik terutama saat Anda ingin menguasai skill seperti SEO dan SEM. Selain itu, alasan lainnya adalah dikarenakan saat ini telah banyak bisnis yang menggunakan website sebagai “Rumah Utama” sehingga kegiatan kampanye pemasaran digital menjadi lebih leluasa.

3. Datangkan Pengunjung Website dengan Strategi Search Engine Optimization (SEO)

Menyambung pembahasan di poin 2, setelah memiliki website tentunya Anda ingin mendatangkan banyak pengunjung ke sana. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan strategi SEO. SEO memungkinkan Anda mendatangkan pengunjung website secara gratis melalui mesin pencari.

Untuk langkah awalnya, Anda dapat belajar menguasai teknik On-page SEO terlebih dahulu, di mana Anda mengoptimasi strategi ini dari dalam website itu sendiri seperti menulis konten yang berkualitas, membuat struktur page/post yang teratur, dan lain sebagainya.

4. Iklankan Website dengan Search Engine Marketing (SEM)

Selain SEO, Anda juga dapat mendatangkan pengunjung website dengan menggunakan SEM. Namun jangan lupa, menjalankan strategi ini haruslah dengan cara berbayar, di mana Anda membayar sejumlah uang agar website muncul di halamat teratas mesin pencari.

Anda dapat mulai mempelajari SEM dengan membuat akunnya terlebih dahulu (Contohnya membuat akun iklan Google Ads), lalu melakukan riset serta mengulik satu per satu dashboard iklan di dalamnya. Apabila sudah paham, Anda dapat membuat kampanye baru serta melakukan top up untuk dapat menjalankan iklannya.

5. Maksimalkan Upaya Promosi dengan Strategi Digital Advertising

Untuk membantu kegiatan promosi bisnis Anda menjadi semakin efektif, Anda juga dapat menjalankan strategi Digital Advertising. Strategi ini memungkinkan Anda mengiklankan konten promosi di dunia digital secara instan dengan teknik berbayar.

Di awal, Anda dapat mempelajari terlebih dahulu apa strategi digital advertising yang cocok untuk bisnis Anda, entah itu SEM, Social Media Ads, Marketpalce Ads, Native Ads, dan sebagainya. Setelah itu, Anda bisa mulai membuat akun iklan dan melakukan berbagai pengaturan sebelum akhirnya iklan dijalankan.

6. Bangun Kerjasama dengan para Influencer

Selain hanya berfokus memaksimalkan upaya marketing dari dalam bisnis sendiri, Anda sebenarnya juga dapat memaksimalkan peran influencer yang notabenenya ada di luar bisnis Anda.

Bekerja sama dengan para influencer memungkinkan bisnis Anda dapat dikenal lebih luas dikarenakan basis audiens yang telah dibangun oleh influencer tersebut.

Sebagai awalan, Anda dapat mempelajari ilmu Influencer Marketing, lalu memilih strategi apa yang paling sesuai untuk Anda eksekusi terlebih dahulu, entah itu paid promotionendorsementbrand ambassador, dan sebagainya.

7. Membuat & Mengoptimasi Toko di Marketplace

Berikutnya, hal lain yang juga dapat dilakukan dengan mudah selayaknya membuat akun media sosial adalah membuat toko marketplace seperti di Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan sebagainya.

Tidak hanya sampai di situ saja, Anda juga dapat belajar cara mengoptimasi toko online marketplace mulai dari upload produk, menuliskan nama dan deskripsi produk, pesan-pesan otomatis, hingga menggunakan marketplace ads.

8. Membuat Konten Berkualitas dengan Strategi Content Marketing

Konten digital merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis di zaman sekarang karena peranannya dalam menyampaikan pesan.

Anda dapat mulai mempelajari strategi Content Marketing dengan memahami apa saja format serta jenis-jenis konten digital. Dengan memahami hal tersebut, nantinya Anda akan dapat menentukan sendiri konten apa yang sesuai di platform-platform tertentu.

9. Rutin Mengirimkan Newsletter dengan Strategi Email Marketing

Apabila telah familiar dengan yang namanya “Email”, tentu tidak akan sulit bagi Anda untuk menguasai strategi Email Marketing.

Anda dapat mulai belajar mengenai email marketing dengan mengenai 2 jenisnya yang umum diketahui, yaitu Newsletter Email dan Drip Email. Lalu setelah itu, Anda bisa lanjut mengetahui faktor-faktor penting kesuksesan email marketing hingga strategi Customer Relationship Management (CRM).

10. Manfaatkan Program Referral dengan Strategi Affiliate Marketing

Selain influencer marketing, upaya lain yang dapat Anda maksimalkan dari luar bisnis Anda adalah strategi Affiliate Marketing. Dengan menjalankan strategi ini, nantinya Anda dapat membuat program referral di mana orang-orang yang turut mempromosikan bisnis Anda akan mendapatkan sekian persen uang sebagai komisi.

Anda dapat memulai menguasai strategi ini dengan memahami bagaimana skema afiliasi yang sesuai dan sejalan dengan strategi marketing di bisnis Anda.

11. Optimalkan juga Pencarian Lokal dengan Google Bisnisku

Apabila berniat mengoptimalkan pencarian lokal untuk toko offline Anda di internet, maka salah satu tool yang dapat dimanfaatkan adalah dengan menggunakan Google Bisnisku (Google My Business).

Untuk mulai mempelajari tool ini, Anda diharuskan mendaftarkan lokasi toko di Google serta memverifikasinya. Setelah itu, Anda dapat mengoptimasikannya mulai dari menambahkan alamat lengkap toko, jadwal buka-tutup toko, posting-an, hingga review & rating yang diberikan oleh audiens.

12. Bangun Komunitas Online di Platform Digital

Terakhir, Anda juga bisa memulai digital marketing dengan membangun komunitas online di berbagai platform digital. Platform yang dapat digunakan untuk menampung komunitas di antaranya adalah grup Telegram, grup WhatsApp, Discord, dan sebagainya.

Dengan komunitas digital, Anda nantinya dapat membangun image serta branding bisnis, dan tidak menutup kemungkinan menciptakan pelanggan-pelanggan loyal.

Meskipun terbilang banyak, Anda tidak harus mengerjakan semuanya sekaligus. Apalagi Anda harus tetap menjalankan tugas-tugas operasional yang lain.

Anda dapat memprioritaskan mana yang paling berpotensi mendatangkan hal-hal positif bagi bisnis dan juga memutuskan apakah langkah ini akan baik atau tidak ke depannya untuk dilakukan.

Apabila Anda memutuskan hampir semua langkah tersebut berpotensi, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk membangun sebuah tim digital marketing yang andal.

Apa Saja Strategi Digital Marketing yang Dapat Dipelajari?

Beberapa di antara kita mungkin bertanya-tanya,
“Apa aja sih yang dapat dipelajari dalam digital marketing?”

Beberapa strategi digital marketing yang dapat Anda pelajari serta dapat dioptimalkan perannya dalam bisnis Anda yaitu sebagai berikut:

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Search Engine Marketing (SEM)
  3. Social Media Marketing (SMM)
  4. Digital Advertising
  5. Affiliate Marketing
  6. Email Marketing
  7. Content Marketing
  8. Video Marketing
  9. Mobile Marketing
  10. Marketplace Optimization

Sebenarnya, ada banyak strategi digital marketing yang tengah berkembang di dunia digital saat ini, tapi 10 strategi inilah yang cukup populer di antaranya semuanya.

Seiring majunya zaman, perkembangan strategi digital marketing pun akan turut menyesuaikan. Sehingga bisa dibilang, ilmu ini tidak akan padam dalam beberapa tahun mendatang.

Contoh paling dekat yang dapat kita prediksi adalah mengenai kehadiran metaverse. Bisa jadi, ilmu-ilmu digital marketing nantinya akan ada yang membahas hal-hal seputar itu.

Cara Belajar Digital Marketing & Online Marketing yang Efektif?

Berikut 7 kiat wajib bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara belajar digital marketing dan juga online marketing yang efektif.

1) Mulailah dari Riset Mengenai Brand, Produk/Layanan, Pasar, dan juga Kompetitor

Kiat pertama dan yang paling mendasar adalah Anda WAJIB paham akan brand, produk/layanan, pasar, serta kompetitor dari bisnis Anda.

Mengapa hal ini penting? Jawabannya adalah agar Anda paham apa kekuatankelemahanpeluang, serta ancaman yang akan Anda hadapi nanti khususnya dalam menjalankan strategi digital marketing.

2) Kuasai Mindset, Skillset, dan Toolset Digital Marketing

Kedua, ada 3 hal yang wajib Anda kuasai saat belajar digital marketing, yaitu mindset, skillset, dan toolset.

Menguasai Mindset menjadikan Anda paham seluk-beluk serta fundamental mengapa hal ini harus dilakukan dalam digital marketing. Contohnya, Anda paham mana yang harus dijalankan dengan teknik organik, mana yang harus dilakukan dengan teknik berbayar.

Menguasai Skillset menjadikan Anda mampu untuk melakukan banyak hal, khususnya di bidang yang Anda kuasai. Contohnya, apabila Anda seorang praktisi SEO, tentunya Anda harus paham ilmu-ilmu seputar SEO, dasar content marketing, dasar copywriting & content writing, dan lain sebagainya.

Yang terakhir, Anda juga harus menguasai Toolset agar nantinya pekerjaan yang dilakukan bisa dikerjakan dengan lebih efektif & efisien. Setidaknya ada 2 jenis toolset yang bisa Anda kuasai, yaitu Research Tool dan Analytics Tool.

Percayalah, ketiga hal di atas berguna sebagai bekal atau cara menjadi digital marketing handal yang sesuai dengan kebutuhan industri.

3) Ketahui Metrik Umum dalam Mengukur Efektivitas Digital Marketing

Bagi yang belum paham, metrik dalam digital marketing adalah berbagai indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu upaya pemasaran. 

Metrik ini dapat dilihat dalam dashboard tool analitik seperti Google Analytics, Google Search Console, dan lain-lain. Contohnya, ClicksImpressionsViews, BounceConversion, dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui metrik digital marketing, Anda nantinya akan mampu memahami apakah suatu strategi yang dijalankan berhasil atau tidak. Metrik-metrik ini juga dapat dikembangkan menjadi suatu KPI (Key Performance Indicator).

4) Pahami Apa Itu Marketing Funnel & Marketing Campaign

Marketing Funnel & Marketing Campaign adalah 2 isitlah yang akan sering Anda temukan saat menjadi seorang digital marketer.

Anda harus paham paling tidak kerangka marketing funnel sederhana seperti AwarenessConsideration, dan Conversion, serta unsur-unsur kampanye seperti objektif pemasaran, perencanaan strategi, budgeting, media, timeline, dan sebagainya.

Hal ini bertujuan agar tahu apa yang telah dilakukan, apa yang saatini dilakukan, dan juga apa yang akan dilakukan nantinya, sehingga Anda tidak kehilangan arah.

5) Kuasai Ilmu Penulisan Copywriting

“Apakah dalam digital marketing, saya harus bisa menulis?”

Jawabannya adalah YA. Namun, menulis di sini lebih tepatnya adalah Menulis Copywriting

Mengapa begitu penting? Hal ini dikarenakan copywriting merupakan ilmu dasar dari hampir semua strategi digital marketing yang ada.

Contohnya, apabila ingin fokus menjalankan Email Marketing, tentu Anda harus bisa menuliskan subjek dan isi emailnya. Apabila Anda adalah seorang Social Media Marketer, tentu Anda harus bisa menulis apa isi konten serta caption-nya. Apabila Anda seorang digital advertising, tentu Anda harus bisa menuliskan apa kata-kata promosi di dalam iklannya.

6) Belajar Membaca & Membuat Keputusan Berdasarkan Data

Kemampuan membaca dan memahami data-data merupakan hal wajib untuk diketahui setiap digital marketer. Mengapa?

Ini dikarenakan data merupakan aset berharga dalam sebuah bisnis yang nantinya digunakan untuk membuat keputusan bisnis & marketing ke depannya (Data-driven Marketing).

Berbagai platform digital pun telah menyediakan fitur data analitik yang dapat diakses gratis oleh penggunanya, seperti Google Analytics untuk website, fitur Insights di Instagram, fitur Analytics di LinkedIn, dan sebagainya.

7) Kenali Pelanggan Bisnis sambil Membangun Database Audiens

Terakhir dan juga penting untuk dilakukan saat belajar digital marketing adalah Anda harus paham betul siapa saja pelanggan bisnis.

Mengenali pelanggan bisnis awalnya dapat dilakukan dengan cara membuat persona dari para calon pelanggan yang ditarget. Apabila Anda sudah memiliki cukup banyak pelanggan, tugas Anda selanjutnya adalah membangun database dengan cara melakukan segmentasi.

Segmentasi dapat dilakukan dengan cara mengelompokkan pelanggan berdasarkan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilakunya.

 

Rekomendasi Metode dan Tempat Belajar Digital Marketing

Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana metode serta di mana tempat belajar digital marketing yang Sasana Digital rekomendasikan, yuk simak poin-poin di bawah ini! 

a. Belajar Digital Marketing Melalui Kursus Online

Rekomendasi pertama bagi Anda yang ingin serius mempelajari digital marketing adalah melalui kursus online yang tersedia banyak internet.
Keuntungan mengikuti kursus online adalah Anda dapat memilih materi digital marketing sesuai kebutuhan, serta menentukan sendiri kapan jadwal belajar yang sesuai, entah itu pagi, siang ataupun malam.

Selain itu, Anda juga dimudahkan dalam mengakses kelasnya baik melalui PC, laptop, dan juga smartphone.

Namun, terdapat kekurangan apabila Anda memutuskan untuk mengikuti kursus online, yakni materi yang dibahas biasanya tidak begitu mendalam, serta tidak jarang Anda akan sulit menemukan best practice akan suatu ilmu karena kurangnya interaksi dengan pengajarnya.

“Di mana tempat belajar digital marketing melalui kursus online yang gratis?”

b. Belajar Digital Marketing Melalui Program Pelatihan (Training)

Rekomendasi yang kedua, Anda tentu dapat mengikuti program pelatihan (Training), ataupun workshop digital marketing.

Keuntungannya adalah Anda dapat menguasai ilmu digital marketing sejelas-jelasnya karena nantinya Anda dapat berinteraksi langsung dengan pengajar.

Ini merupakan keuntungan utama dari mengikuti sebuah pelatihan, di mana Anda dapat mengetahui serta bertanya banyak hal secara mendalam, seperti best practice, tips & trick, hingga tantangan yang juga sering dihadapi oleh pengajar tersebut.

Portofolio Digital Marketing Sasana Digital

Menyediakan layanan sesuai kebutuhan bisnis dan personal Anda, Sasana Digital telah berkontribusi dalam banyak project yang bisa disimak berikut ini.

a. Private Training Digital Marketing

layanan private training di penyedia belajar digital marketing

Melalui layanan satu ini, Anda bisa melibatkan hingga 4 anggota tim bisnis Anda. Melalui private training, Sasana Digital telah berhasil menyokong kebutuhan pemasaran digital di suatu Klinik Ibu dan Anak melalui layanan eksklusif ini.

Dengan menyusun strategi dan konten yang terarah kepada audiens yang tepat, media sosial klinik tersebut berhasil menjangkau lebih dari 20 ribu pengikut secara organik, dengan fokus yang mendalam pada konsumen tertarget.

b. Corporate Training Digital Marketing

Layanan Corporate training di penyedia belajar digital marketing

Sasana Digital menawarkan corporate training untuk perusahaan yang ingin melibatkan lebih banyak anggota tim, yaitu antara 6 hingga 8 orang. Dalam kebutuhan bisnis yang lebih besar, Sasana Digital pernah melakukan Audit Konten dan Pengaturan Meta Ads untuk mengidentifikasi kelemahan strategi di sebuah Bisnis Travel Umroh.

Prinsip ABC (Audience Benefit Content) akhirnya menjadi salah satu fondasi strategi dan konsep yang diadopsi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan ini. Hasilnya, omset travel umroh tersebut meningkat hingga 2,4 miliar dengan Return on Advertising Spend (ROAS) lebih dari 20x dalam waktu 2 minggu.

c. Audit Digital Marketing

layanan audit di penyedia belajar digital marketing

Melalui program konsultasi, bisnis Anda dapat menikmati layanan audit, suatu proses pendampingan yang dimulai dengan mengevaluasi secara menyeluruh setiap saluran pemasaran digital yang dimiliki oleh bisnis.

Sebagai contoh, salah satu klien kami yang mengoperasikan bisnis Toko Mainan, telah menerima pendampingan melalui layanan konsultasi dan audit. Mereka berhasil meningkatkan penjualan mereka sebesar 50% melalui saluran penjualan di salah satu marketplace terkemuka di Indonesia dalam waktu 1,5 bulan.

d. Consulting Digital Marketing

layanan consulting di penyedia belajar digital marketing

Program konsultasi akan menyesuaikan kebutuhan dan kesediaan klien, dan biasanya dilaksanakan 2 kali. Namun setelahnya didukung oleh sesi konsultasi melalui WhatsApp selama 3 minggu.

Dan selama proses konsultasi, klien kami yang bergerak di bidang Fashion Wanita mendapatkan bimbingan dan arahan untuk meningkatkan beberapa aspek penting dalam saluran digital bisnis mereka. 

Selanjutnya, selama tahap audit, kami mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi. Oleh karena itu, Sasana Digital membantu dalam merancang strategi, mengakibatkan peningkatan konversi penjualan bisnis klien hingga mencapai 150% dalam waktu singkat, yaitu 2 bulan.

Cakupan Topik Pelatihan dan Konsultasi

Sasana Digital hadir sebagai solusi untuk mengakselerasi digitalisasi bisnis Anda, baik melalui pengembangan keterampilan tim maupun peningkatan kinerja bisnis melalui strategi pemasaran digital. Temukan lebih lanjut mengenai cakupan topik pelatihan & konsultasi kami agar Anda dapat menemukan solusi sesuai kebutuhan bisnis Anda!